Tips Menjaga Kesehatan

 

Jika kita sering merasa perut tidak enak, seperti kembung, nyeri lambung, sebah dlsb, mudah2an tips dibawah ini yang saya ambil dari Majalah Nirmala edisi Agustus 2007 bermanfaat.

1. Biasakan Makan Dengan Teratur

Efektifitas lambung mencapai puncaknya setiap empat jam sekali. Maka, kebiasaan makan tidak teratur akan menyebabkan sebagian makanan tidak tercerna sempurna. Makanan tidak tercerna ini bisa membusuk/terfermentasi dan menyebabkan kembung.

2. Konsumsi Makanan Dengan Kombinasi Yang Serasi

Rata-rata orang tidak memperhatikan pengaturan kombinasi makanan. Padahal kombinasi makanan yang tidak tepat dapat menyebabkan salah cerna. Jangan menggabungkan buah dengan sayuran, buah (terutama jeruk) dengan makanan sumber karbohidrat, buah dengan sumber protein serta makanan sumber karbohidrat dengan sumber protein.

3. Kunyah Makanan Dengan Baik

Bila mengunyah makanan dengan baik, enzim ptialin yang terdapat di dalam kelenjer ludah dapat melakukan fungsinya dengan sempurna. Jangan menelan makanan dengan tergesa-gesa atau mengunyah makanan sambil berbicara untuk menghindari masuknya udara yang berlebihan ke dalam rongga mulut. (baca juga SLOW DOWN DIET dalam blog ini)

4. Jangan Makan Terlalu Banyak

Jika jumlah makanan dalam lambung terlalu banyak atau melebihi kapasitas enzim pencernaan yang yang diproduksi, maka makanan tidak tercerna dengan sempurna. Makanan yang tidak tercerna sempurna ini kemudian masuk ke usus dan menyebabkan fermentasi, salah cerna, dan menimbulkan gas.

5. Jangan Berbaring Setelah Makan

Karena dapat menyebabkan gastroesophageal reflux, yaitu kondisi saat makanan yang sudah dalam keadaan asam kembali masuk kerongkongan sehingga menimbulkan rasa tidak enak atau terbakar dalam rongga mulut. Yang terbaik, sudah berhenti makan minimal dua jam sebelum tidur.

6. Hindari Waktu Makan Yang Terlalu Berdekatan

Jadwal makan yang terlalu dekat akan menyebabkan proses mencerna menjadi terganggu. Sebaiknya biarkan kira-kira 1 ½ jam setelah makan buah, 2-2 ½ jam setelah makan sayur, 3 ½ – 4 jam setelah makan sumber protein, karbohidrat, lemak, barulah mulai mengkonsumsi makanan lain agar makanan tercerna sempurna.

7. Jangan Makan Sambil Manum

Setiap cairan yang dikonsumsi dengan makanan padat akan mengurngi aktifitas cairan pencernaan yang akan membuat proses mencerna menjadi sulit dan tidak sempurna. Makanan cair seperti air dan sup sebaiknya dikonsumsi 15 menit setelah menyantap makanan padat.

8. Tingkatkan Konsumsi Makanan kaya Serat

Makanan tinggi serat berfungsi membantu melancarkan kerja pencernaan. Serat banyak dalam sayuran, buah-buahan , beras merah dan oats.

9. Konsumsi Makanan Dan Suplemen Probiotik

Makanan probiotik mengandung bakteri menguntungkan yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, contohnya yogurt, kefir, kimchi, tempe dan miso.

10. Kurangi Konsumsi Makanan Pembentuk Asam

Makanan pembentuk asam termasuk protein hewani (daging, telur, dan susu) serta karbohidrat sederhana seperti gula dan tepung-tepungan. Yang dimaksud asam disini ialah kimia (acid), tidak ada hubungannya dengan rasa atau bau asam makanan.

11. Kurangi Menyantap Makanan Yang Menimbulkan Gas

Beberapa jenis makanan seperti ubi, nangka, dan kacang-kacangan dapat menimbulkan gas yang menyebabkan perut kembung. Jadi, jangan dimakan berlebihan.

12. Kurangi Bumbu Masakan Yang Terlalu kuat

Makanan yang terlalu pedas dan asin dapat menyebabkan keasaman lambung meningkat sehingga tejadi iritasi pada dinding lambung.

13. Perbanyak Makan sayuran Hijau

Rasa sakit yang disebabkan karena peningkatan asam lambung dapat diredam dengan sayuran karena membantu mengontrol pH lambung yang terlalu asam menjadi tidak terlalu asam.

14.Jangan Makan Makanan Yang Terlalu panas Atau Dingin

Makanan yang terlalu panas atau dingin akan mengiritasi lapisan dinding lambung. Jika terjadi berulang kali, lambung akan rusak dan pencernaan akan terganggu.

15. Kurangi Konsumsi Makanan Yang Digoreng

Makanan yang digoreng lebih sulit dicerna dan dapat meningkatkan resiko kanker lambung.

16. Hindari Makanan Yang Dapat Menimbulkan Alergi

Bagi orang-orang tertentu yang tidak mampu mencerna laktosa (gula susu), susu bisa menyebabkan lactose intolerance dengan gejala kembung, kram perut, dan diare.

17. Lakukan Puasa Saat Mengalami Keluhan

Puasa disini bukan berarti tidak makan dan minum sama sekali, tapi membatasi jenis makanan yang dikonsumsi. Jenis makanan yang bisa dikonsumsi selama puasa untuk mengatasi ganggun pencernaan adalah air dengan perasan lemon, jus apel, jus wortel, jus kol, dan jus lemon.

18. Kurangi Stress

Dalam keadaan panik dan stress, tubuh akan mengalirkan darah kembali dari lambung dan usus ke otak, jantung, paru-paru, dan otot. Akibatnya, sistem pencernaan tidak berfungsi optimal.

19. Hindari Merokok Dan Minum Kopi

Getah tembakau yang tertelan dapat menimbulkan iritasi pada dinding lambung, sedangkan kopi dan berbagai jenis minuman yang mengandung kafein akan menstimulasi produksi asam secara berlebihan dalam lambung.

20. Waspadai Keracunan Logam Berat

Hindari menggunakan peralatan masak aluminium, terutama jika Anda memiliki masalah pencernaan.

Salam Sehat Selalu

1 Komentar (+add yours?)

  1. anang
    Nov 26, 2010 @ 20:35:19

    info bagus, trimakasih dah di share..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

document.write('Internet Marketing - Online');

Klik tertinggi

  • Tak ada
November 2010
S S R K J S M
« Mei   Des »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: