Trik Menghilangkan Kecemasan

 

Adelia Ratnadita SKG – detikHealth

Serangan cemas (anxiety attack) adalah bentuk ekstrem dari rasa gelisah yang dihasilkan akibat dari ketakutan yang tidak terkendali. Walaupun sebagian besar orang mengalami kecemasan setiap hari, tapi bagi orang-orang tertentu kondisi ini tidak bisa dikontrol dengan baik.

Kecemasan yang menjadi sangat tidak terkendali bisa mengganggu kehidupan sehari-hari. Ketika kecemasan mulai menyerang biasanya diikuti dengan telapak tangan berkeringat, jantung berdebar lebih cepat dan kencang, merasa seperti ada kupu-kupu di perut serta tenggorokan yang terasa kering.

The American Academy of Family Physicians menyarankan beberapa tips yang dapat dilakukan agar kecemasan lebih dapat dikontrol seperti dilansir dari Epharmapedia, Jumat (29/7/2011) antara lain:

1. Buatlah rutinitas dengan menyisihkan waktu selama 30 menit setiap hari untuk memikirkan mengenai diri sendiri.
Simpan dan tundalah memikirkan segala hal yang dikhawatirkan dan pikirkanlah pada waktu 30 menit yang telah disisihkan setiap harinya. Pikirkan mengenai segala hal yang dikhawatirkan, namun jangan lupa bersyukur atas apa yang telah diperoleh.

2. Melakukan relaksasi setiap hari

3. Tidur dan olahraga yang cukup

4. Tidak mengonsumsi obat-obat terlarang dan alkohol

5. Batasi konsumsi kafein

6. Berdamai dengan hal-hal yang menyebabkan kecemasan dimasa lalu.
Mulailah dengan memvisualisasikan bahwa Anda dapat berdamai dengan masalah dimasa lalu, hal ini dapat membuat Anda berdamai dengan masalah tersebut.

7. Berkonsultasi dengan dokter mengenai kecemasan yang Anda alami
Dokter dapat memberikan saran agar kecemasan yang Anda rasakan terkontrol dengan baik.

Mempunyai kebiasan hidup yang sehat membuat hidup lebih teratur, sehingga setidaknya dapat mengurangi hal-hal yang perlu dikhawatirkan. Berdamailah dengan keadaan yang ada pada diri kita sehingga kita dapat menjalani hidup dengan lebih bersyukur, hal ini akan dapat mengurangi kecemasan yang kita rasakan.

Seseorang mungkin menyadari bahwa situasi tertentu bisa menyebabkan ia merasa sangat cemas, dan pemikiran inilah yang justru menyebabkan terjadinya serangan kecemasan. Kondisi ini dapat menyebabkan beberapa perilaku yang memicu munculnya kecemasan.

Untuk itu jangan pernah berpikir tentang kecemasan atau ketakutan, tapi bayangkanlah sesuatu yang menyenangkan dan menenangkan. Hilangkan segala pikiran negatif dan ketakutan yang dirasakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

document.write('Internet Marketing - Online');

Klik tertinggi

  • Tak ada
September 2012
S S R K J S M
« Mar   Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: